Mengunjungi tempat ini sebaiknya di pagi hari, pantulan cahaya matahari dan sejuknya udara pegunungan akan membuat anda betah berada di tepian danau, anda bisa mencoba bersepeda air dengan pasangan anda, atau menaiki perahu menuju ke Batu Cinta sambil mengelilingi danau dengan tarif sekitar Rp. 15.000 / orang. Di sore hari biasanya kabu tebal turun, susana menjadi gelap dan pandangan tertutup, tetapi danau tetap memberikan sensasi keindahannya.

Situ Patengan atau sering disebut juga Situ Patenggang merupakan sebuah danau alam yang indah. Setelah melewati jalan yang meliuk-liuk di area perkebunan teh Ranca Bali selepas objek wisata Kawah Putih dan Ranca Upas, anda akan sampai di danau ini. Situ Patengan bisa dikatakan ujung dari rangkaian objek wisata yang terletak di pegunungan Ranca Bali.
http://penginapan-bandung.blogspot.com
Transportasi & Akomodasi.
Situ Patengan berjarak sekitar 47 Km dari pusat kota Bandung, atau berjarak sekitar 5 Km dari lokasi objek wisata Kawah Putih. Lihat peta rute jalan Bandung menuju Kawah putih mungkin bisa membantu anda. Apabila anda ingin menggunakan kendaraan umum, anda harus menuju terminal Ciwidey menggunakan Bus atau Elf dari terminal Leuwi Panjang dengan tarif sekitar Rp. 6.000, kemudian dilanjutkan menggunakan angkot langsung ke pintu masuk Situ Patengan (banyak terdapat di terminal Ciwidey) dengan tarif sekitar Rp.10.000.
Untuk menuju kota Bandung saat ini sudah dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Jakarta, Bali, Medan atau bahkan dari Kuala Lumpur Malaysia dan Singapura. Silahkan cari tiketnya di sini.

Terdapat beberapa hotel yang cukup memadai di sekitar Ciwidey seperti Sindang Reret, Bungalow Kampoeng Strawberry dan penginapan lainnya. Untuk fasilitas yang lebih lengkap, anda bisa mencarinya di kota Bandung. Kami menyarankan anda untuk terlebih dahulu mencari & membooking hotel yang anda inginkan beberapa hari sebelum keberangkatan, anda bisa mencarinya di sini.
 
Top