Punclut adalah termasuk tempat wisata yang cukup mengasyikkan, jalan yang bisa dilalui menuju Punclut ada dua (2) jalur jalan yaitu bisa melalui dago atau bisa juga melalui jalan Ciumbeuleit.
Misalkan Titik Start di Monumen perjuangan :

Melalui jalan Dago : Jalan yang akan dilalui yaitu Jalan dipatiukur lurus terus ke arah pasar Simpang, saat menemukan lampu merah / lampu stop-an pasar simpang belok kanan ke arah utara menuju jalan dago atas, disana akan melewati beberapa hotel ternama salah-satunya adalah Hotel Horisson Bandung. Jangan Lewatkan Harga Hotel Termurah di Bandung
Saat mencapai terminal Dago, siap2 untuk belok kiri dan anda akan berhadapan dengan jalan yang cukup curam, tp ga perlu khawatir jalannya cukup lebar dan besar dan jalan sudah hotmix. Anda akan melewati perumahan dan sekolah Mewah "Citra Land Green Dago" milik boss properti pak Ciputra. Dan anda yang memiliki kendaraan yang ber-knalpot bising silahkan perbaiki dulu, karena kendaraan bising dilarang masuk. Perumahan Mewah Citra Green Dago, Jalan alternatif paling cepat menuju Punclut
Disana anda akan memandang tanah tandus karena memang sedang dalam pembangunan Perumahan mewah. Andapun tidak perlu takut nyasar, ikuti saja kendaraan orang lain, pada umumnya orang yang melewati Perumahan "Citra Land Green Dago" adalah bertujuan ke Punclut atau Lembang. dan untuk mencapai Punclut dari Perumahan "Citra Land Green Dago" sekitar 4 menitan.
Melalui Jalan Ciumbeuleuit : Jalan yang akan dilalui yaitu Jalan dipatiukur lurus terus ke arah pasar Simpang, saat menemukan Perempatan lampu merah / lampu stop-an pasar simpang Lurus saja, buat anda yang tidak tahu jalan ikuti saja angkot cicaheum - Ciroyom, tapi ingat saat mencapai pertigaan gandok Ciumbeuleuit anda belok kanan ke arah utara dan sedikit menanjak.
Diperjalanan anda akan bertemu Apartemen dan Butik Hotel Ciumbeuleuit, Jangan Lewatkan Harga Hotel di Bandung kemudian Kampus Unpar (Universitas Parahyangan) hingga mencapai pertigaan Ciumbeuleuit anda belok kiri saja, dan sekitar 500 meter anda menemukan Rumah sakit paru-paru milik AURI. Anda belok kanan untuk mencapai Punclut. Untuk Hari Minggu atau hari libur Jalur ini akan dipadati oleh pasar dadakan. hingga jam 11 siang.
Jarak Tempuh menuju Kawasan Wisata Punclut :
Jalur Dago ==> Pasar Simpang ==> Terminal Dago ==> Perumahan "Citra Land Green Dago" ==> Punclut. Jarak Tempuh Sekitar 20 menit dan Monumen Perjuangan menuju Punclut. menggunakan Motor atau sekitar 40 menitan menggunakan mobil.
Jalur Ciumbeuleuit ==> Pasar Simpang ==> Terminal Dago ==>Sabuga ==> Pertigaan Gandok ==> Kampus Unpar ==> Rumah Sakit paru-paru AURI ==> Punclut Jarak Tempuh Sekitar 30 menit menggunakan motor dari Monumen Perjuangan menuju Punclut. Sekitar 60 menitan menggunakan mobil.


Wisata andalan Punclut adalah Kawasan Agrowisata dan Wisata Kuliner yang murah meriah, saya sendiri menghabiskan 60 ribu rupiah untuk empat (4) orang, menunya sih bervariasi saya sendiri memilih nasi merah ayam bakar dan bandrek dan sambelnya yang top buanget, sedangkan teman yang lainnya ada yang pepes ikan, ada juga yang pilih ikan asin, dan cemilannya ketan bakar. sambil makan dengan sambel yang super pedas disuguhi pemandangan kota Bandung yang indah, semakin nikmat deh makan ku.


Untuk liburan malam minggu coba deh di Punclut, rata-rata warung buka 24 jam pemandangannya pun ok juga ga kalah waktu disiang hari.
 
Top