Seribu satu menu sejuta rasa”. Itulah kekayaan kuliner yang dimiliki Kota Kembang. Banyak orang mengunjungi Bandung untuk memanjakan lidah mereka. Selera makan Anda akan dibuai manja dengan apa yang ditawarkan kota ini. Berbagai jenis makanan dan tempat makan tersebar di berbagai sudut kota dalam balutan udara nan sejuk. Mulailah petualangan dengan tidak ragu mencicipi jajanan di pinggir hingga yang mewah di restoran berkelas. Pastinya Anda akan dapat menemukan banyak kuliner yang disukai di kota ini.
Sebagai suku yang dominan di Kota Bandung, orang Sunda merasa makanannya hambar apabila tanpa disertai sambal. Jika Anda ingin mencicipi masanan Sunda yang lebih nikmat maka cobalah nasi timbel, yaitu nasi yang digulung terbungkus daun pisang dengan sambal dadakan yang dimakan bersama ayam digoreng atau dibakar.  Makanan ini disertai pula dengan gepuk, yakni daging yang dicampur bumbu-bumbu khas cita rasa Sunda lalu direbus hingga empuk dan digoreng. Melengkapinya ada tempe, tahu, ikan asin,  sayur asam, dan lalapan mentah yang ditambah pepesan seperti pepes ikan, pepes ayam atau pepes jamur. Orang Sunda suka sekali memakan sayuran. Kerap kali mereka memakan sayuran segar mentah  atau sebelumnya telah disebut sebagai lalapan seperti mentimun, tomat, daun ketumbar, terong, kol, selada, dan sebagainya. Lalapan biasanya disertai dengan sambal yang nikmat.
http://penginapan-bandung.blogspot.com

Orang Sunda terutama Bandung memiliki makanan khasnya, yaitu batagor dan baso tahu. Batagor Riri yang terkenal dapat Anda temukan di sekitar Jalan Burangrang patut masuk dalam daftar perburuan kuliner di Bandung. Di sekitarnya dapat ditemui Martabak San Fransisco, Baso Tahu Saboga, Ayam Goreng Suharti, dan lainnya. Bagi Anda yang menyukai makanan manis pastinya akan menyukai pisang bolen yaitu patiseri buatan sendiri berisi pisang dan keju. Sebagai variasi, Anda juga dapat menikmati brownies kukus Amanda yang terkenal. Beranikan juga mencicipi keripik singkong pedas dalam beragam tingkatannya (level 1-10). Beberapa yang terkenal adalah Keripik Mas Icih dan Karuhun.
Es cendol Elizabeth yang legendaris siap melepaskan dahaga Anda. Ada juga bandrek dan bajigur, yaitu minuman yang cocok untuk menghangatkan tubuh Anda saat merasakan udara dingin Bandung di malam hari. Bandung juga menawarkan berbagai macam produk susu seperti yoghurt. Pada dasarnya ada dua jenis yoghurt di Bandung yaitu yoghurt yang sedikit cair dan yoghurt yang kental (gaya Perancis). Anda dapat menemukan yoghurt dengan rasa yang bervariasi di Jalan Cisangkuy dekat Museum Geologi atau di BMC sekitaran persimpangan Jalan Aceh-Wastukancana.
Hot snack ala Bandung begitu beragam dan banyak dijual di pinggir jalan. Ada gehu berupa tahu berisi sayuran dan dibalut adonan terigu lalu digoreng. Serupa beda isi ada pisang goreng, molen bala-bala, tempe goreng, combro, ubi goreng, nanas goreng, rarauan, serta cireng yaitu tepung kanji yang digoreng berisi bumbu kacang, juga patut Anda coba dan sangat mudah menemukannya di kota ini. Kudapan tersebut biasanya banyak dijual di gerobak pinggir jalan ditemani cabe, bumbu kacang, atau saus sambal.
Pilihan kudapan tradisional ada awug, yaitu makanan tradisional berupa tepung yang dicampur kelapa dan gula merah. Makanan ini juga seringnya sepaket bersama klepon, putu mayang, jiwel, dan lainnya. Anda juga mungkin tertarik untuk mencicipi nangka goreng, nanas goreng, peuyeum goreng di sekitar Jalan Cendana, Bengawan dekat Taman Pramuka. Ketan bakar dan jagung bakar atau rebus juga patut dicicipi kelezatannya dan banyak dijual di Lembang.
Mie Bakso adalah salah satu makanan yang hampir semua orang Indonesia menyukainya dan makanan mudah ditemukan di Bandung. Hampir di setiap daerah di kota Bandung tersedia jenis makanan yang segar selagi panas ini. Mulai dari mie bakso yang diracik dengan saos dan kecap, sampai mie bakso yamin pisah, lengkap dengan siomay dan ceker atau kaki ayam yang menggugah selera.
Nasi goreng, meskipun bukan asli makanan dari Jawa Barat tetapi telah menjadi salah satu makanan favorit di Bandung. Nasi digoreng dengan bumbu dasar bawang, cabe merah, dan tomat ini kadang ada yang dicampur daging ayam, sapi, ikan asin, atau kambing bercampur dengan telur dan aneka sayuran serta kerupuk dan acar. Anda juga patut mencoba cakue, makanan yang terbuat dari adonan terigu yang digoreng dimakan disertai saus. Makanan ini sering dijual bersama dengan odading yaitu semacam roti goreng berbentuk seperti bantal yang rasanya manis.
Di kota-kota besar di Jawa Barat seperti Bandung, Anda akan menemukan berbagai macam restoran khas lain seperti restoran khas Padang, Jawa, China,Thailand,  Jepang, Korea, Eropa, India, serta masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mencicipi nasi timbel dan makanan khas Sunda lainnya, serta western food, Anda dapat mengunjungi beberapa restoran di bawah ini yang menjual makanan super lezat.

BUMBU DESA
Jalan Pasirkaliki 160, Bandung
Jalan Laswi 1, Bandung
Makanan tradisional khas Sunda dengan restoran yang didekor suasana pedesaan.

BALE GAZEEBO
Jalan Surapati 49
Restoran yang besar, dimana Anda bisa makan secara lesehan atau dengan meja biasa.
    
SINDANG RERET
Jalan Raya Cikole Km 22 di luar kota, menuj arah Lembang.
Jalan Raya Propinsi Ciwidey, Kabupaten Bandung
Jalan Surapati 53
Salah satu restoran yang paling terkenal di Bandung dari dulu.
    
SAUNG KABAYAN
Jalan Dr. Junjunan 107, Bandung
Restoran yang menyediakan masakan khas Sunda yang sudah dimodernisasi.

SIERRA
Jalan Bukit Pakar Timur No.33 Bandung; (022) 2512240;
www.sierracafe-lounge.com
Restoran yang mulai terkenal 6 tahun yang lalu ini memiliki menu makanan beragam terutama western food-nya. Tidak hanya itu, restoran ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah pada malam hari terutama melihat city light Bandung memesona. Menu andalan di sini antara lain Rib’s Eye Steak dan blueberry juice yang segar menggoda.

NEO CALISTA
Bukit Pakar Timur Dago IV Kav B1 Bandung; (022) 2513355;
www.neocalista.com
Selasa-Kamis (16.00-23.00) Jumat-Minggu (11.00-00.00)
Restoran dekat dengan Sierra ini terbilang baru karena baru beberapa tahun. Akan tetapi, sudah banyak dikunjungi terutama pada malam Minggu. Restoran ini menawarkan menu western food yang lezat dan tentu saja pemandangan kota Bandung yang indah. Menu andalan di sini adalah “Calista” Roast Turkey, daging kalkun yang gurih dan empuk lengkap dengan gravy dan stuffing yang lezat.

LISUNG RESTO & CAFÉ
Jalan Dago Pakar Timur No.111 Bandung; (022) 91279383.
Restoran dengan suasana etnik klasik ini sangat ramai terutama pada malam Minggu. Menu khas di sini adalah Nasi Panggang Lisung berupa nasi yang dipanggang bersama jamur, ati, sayur, dan disuguhkan bersama ayam, tahu, tempe goreng dan kerupuk. Karena porsinya lumayan besar, Anda dijamin kenyang. Minuman di sini pun tak kalah menariknya, mulai dari Kopi Coklat, sampai Nice Dream (cokelat, oreo dan ice cream).

ODEUM
ODEUM Building 1st floor, Paris Van Java Mall, Jl. Sukajadi Bandung; (022) 82063554; Secret Garden Restaurant Senin-Kamis & Minggu (16.00-00.00) Jumat & Sabtu (16.00-03.00); Mansion Club Rabu-Sabtu (22.00-habis); Pure Lounge Selasa-Kamis & MInggu (09.00-02.00) Jumat & Sabtu (09.00-habis). Restoran ini terdiri dari 3 venue yang menyajikan suasana dan hiburan yang berbeda bagi setiap pengunjungnya. 

SUKI GARDEN
Lembah Pakar Timur No.28 Dago
Bandung; (022) 2531052
Restoran Jepang  all you can eat yang berada tepat  di atas restoran The Valley ini menyediakan jenis makanan Jepang yang beraneka ragam mulai dari sushi, yakiniku, dan shabu-shabu serta dessert yang sangat beragam dibanding restoran Jepang all you can eat yang lain. Dengan harga Rp98.200,00 sudah termasuk pajak, Anda dijamin akan merasa puas dan kenyang setelah menikmati hidangan ala Jepang yang sehat nan lezat ini.

WAROENG SOERABI ENHAII
Jl. Dr. Setiabudi No.186 Bandung; (081394212666)
Senin-Jumat & Minggu (12.00-02.00), Sabtu (12.00-03.00).
 
Top