[Wisata-Bandung] - Indonesia tidak hanya kaya dengan alam dan budaya, tapi juga kuliner atau makanan khas daerah. Dari semua kota di Indonesia, salah satunya kota Bandung - jawa barat menjadi tempat favorit traveler untuk wisata kuliner.

Tak heran kalau Bandung tampil dominan sebagai kota wisata kuliner. Banyak makanan khas lokal yang dimodifikasi kembali menjadi panganan baru yang tentunya menggugah selera. Namun, setidaknya ada 7 makanan khas Bandung yang wajib dicicipi wisatawan.

http://penginapan-bandung.blogspot.com 
Ada surabi, baso tahu, batagor, martabak Bandung, cireng, mie kocok, juga es cendol. Tidak seperti surabi Solo, surabi Bandung asli hanya punya 2 jenis yakni surabi oncom dan surabi kuah manis. Sementara batagor tak lain adalah baso tahu goreng, yang terdiri dari siomay dan tahu.

Martabak Bandung juga terkenal kelezatannya. Tak percaya? Coba datangi Martabak San Francisco di Jalan Burangrang, Martabak Good di Jalan Cibadak, juga Martabak Intisari di Jalan Sudirman. Begitu selesai dibuat, jangan tunggu lama-lama. Langsung cicipi martabaknya selagi masih hangat.

Cireng singkatan dari 'aci digoreng' alias tepung kanji yang digoreng, bisa ditemukan di penjual gorengan pinggir jalan. Sedangkan mie kocok adalah mie kuah yang dicampur potongan kikil. Tempat penjual mie kocok yang terkenal adalah Mie Kocok Mang Dadeng di Jalan Banteng (dekat RS Muhammadyah), dekat Hotel Horison.

Untuk minuman pelepas dahaga, Bandung punya juaranya. Es cendol adalah minuman legendaris di Bandung, rasanya sungguh segar dan nikmat. Traveler bisa menemukan tukang penjual es cendol di banyak tempat, namun untuk rasa yang legendaris datanglah ke Jalan Otista.

Tepat di depan toko Elizabeth terdapat Es Cendol Elizabeth, yang terkenal di kalangan warga dan wisatawan. Kesegarannya dijamin melepas penat dan membuat tubuh kembali segar. Selamat berwisata kuliner di Kota Kembang!
 
Top