1. Liburan ke Bandung hindari akhir pekan

Walaupun jaraknya dekat dengan Jakarta, ada baiknya Anda menghindari Kota Bandung di akhir pekan. Kota ini akan dipenuhi kendaraan berplat B, alih-alih plat D yang milik penduduk aslinya. Pergilah pada tengah minggu atau hari kerja agar Anda terhindar dari kemacetan. Tentunya Anda tak mau berjubel dengan para pendatang lainnya bukan ?

2. Manfaatkan Teman

Memanfaatkan teman dalam hal ini tidak berkonteks negatif. Cobalah mencari berbagai informasi wisata hemat di Bandung kepada teman yang berdomisili di Bandung. Kalau beruntung, Anda bisa menginap di rumahnya sehingga bisa menghemat pengeluaran dan tidak lagi mencari-cari info penginapan murah di Bandung.

3. Cari Tempat Belanja Murah di Bandung

Mal bukanlah tempat yang tepat untuk wisata belanja di Kota Kembang. Ada banyak lokasi belanja murah mulai dari Pasar Baru, ITC Kebon Kelapa, Jalan Cihampelas, Jalan Cibaduyut, sampai Pasar Induk Gedebage yang menjual pakaian bekas dengan harga sangat murah! Anda juga bisa menghampiri Factory Outlet dan distro yang berjajar di sepanjang Jalan Riau dan Jalan Ir H Juanda, alias Jalan Dago.

4. Cicipi Makanan Khas Bandung di Warung Kaki Lima

Berbagai restoran memang tersebar di seantero Kota Bandung. Tapi, cara paling tepat untuk wisata kuliner di kota ini adalah makan di warung kaki lima! Apalagi Bandung terkenal dengan jajanan yang murah dan bercitarasa nikmat. Cobalah Serabi Enhaii yang punya aneka rasa, atau Batagor Kingsley yang rasa ikannya nendang!

5. Cari Destinasi Baru

Bandung punya banyak objek wisata, tapi cobalah berkunjung ke destinasi-destinasi baru yang masih jarang dikunjungi. Ada dataran tinggi Lembang di sebelah utara dan Ciwidey di sebelah selatan kota ini. Masing-masing menyuguhkan segudang destinasi wisata dan aktivitas seru, apalagi kalau dilakukan bersama keluarga!


6. Perhatikan Cuaca

Suhu rata-rata di kota Bandung cukup dingin pada malam hari terutama di kawasan Bandung utara. Jika ingin berlibur dan menginap di kota Bandung jangan lupa bawa baju hangat / sweater terutama jika berjalan-jalan di Bandung malam hari. Curah hujan pada bulan oktober hingga januari juga cukup tinggi terkadang disertai hujan es (jarang). Penderita paru-paru basah sebaiknya tidak terlalu sering keluyuran di malam hari ya.

7. Transportasi Murah di Bandung

Untuk menuju Bandung dari Jakarta, bila menggunakan mobil bisa langsung akses melalui tol cipularang, paling cuman dua jam-an. Tapi nggak kita saranin, selain ongkos transportnya agak bengkak, mending pilih travel aja, beberapa travel ada yang matok harga super murah cuman goban doang. Dan untuk transport dalam kota bisa kita cobain angkot dan Damri

8. Wisata Alam di Bandung

Maribaya, Dago Pakar mungkin tempat wisata di bandung yang cukup menyenangkan, tapi ya itu bener-bener kudu kuat jalan. Gua Pakar ada di daerah bandung utara dan ini bisa nyambung ke Maribaya yang deket Lembang. Nggak jauh dari lembang juga ada beberapa pegunungan yang bisa kita kunjungi seperti Tangkuban Perahu dan Burangrang. Kalo yang daerah Bandung Selatan, sebenarnya banyak juga tempat yang menarik seperti Pengalengan, Ranca Upas, Situ Patenggang, dsb. Cuman untuk ke daerah bandung selatan yang harus kita waspadai adalah sarana transportasi yang cukup sulit dan macet tentunya.
 
Top